Everything :)

Senin, 26 Maret 2012

Makalah negara maju dan negara berkembang


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini yang berjudul "Negara Maju dan Negara Berkembang" tepat pada waktunya.



Kami menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini kami menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.



Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.




 Penyusun
                                                       






                                                               

 BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Suatu negara dikatakan berkembang atau maju salah satunya adalah dengan melihat pada keberhasilan pembangunan oleh negara yang bersangkutan. Apabila negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan atau belum dapat menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan. Sedangkan negara yang mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah ditetapkan, sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud baik yang bersifat fisik ataupun nonfisik maka negara tersebut dapat disebut negara maju

Negara berkembang yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih maju dibandingkan negara lain yang setingkat, tetapi belum mencapai tingkat negara maju disebut negara industri baru (newly industrialized country/NICs). Dengan kata lain, negara industri baru sedang berkembang mencapai tingkat negara maju tetapi belum cukup untuk dikatakan sebagai negara maju.


Pembatasan masalah
Masalah ini hanya membahas tentang Negara maju dan Negara berkembang yang akan ditulis dalam makalah ini.

Rumusan masalah

 1. Apa yang dimaksud dengan negara maju dan negara berkembang?

2. Apa ciri-ciri negara maju dan negara berkembang?

3. Apa perbedaan antara negara maju dan negara brkembang?
k

Manfaat makalah
            Makalah ini di tulis dengan tujuan untuk memeperjelas materi-materi yang telah di bahas dalam satu tahun kemarin

Tujuan Makalah
Makalah ini dibuat untuk pembaca makalah agar dapat mengetahui informasi tentang Negara maju dan berkembang

Identifikasi masalah
Dalam konteks ekonomi internasional, dikenal dengan istilah “negara maju” dan “negara berkembang”. Kedua istilah tersebut merupakan penggolongan negara-negara di dunia berdasarkan kesejahteraan atau kualitas hidup rakyatnya. Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan. Negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua Eropa terutama kawasan Eropa Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan lain-lain. Sedangkan yang digolongkan negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin).





BAB 2
PEMBAHASAN



NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

A. Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

         Dalam konteks ekonomi internasional, dikenal dengan istilah “negara maju” dan “negara berkembang”. Kedua istilah tersebut merupakan penggolongan negara-negara di dunia berdasarkan kesejahteraan atau kualitas hidup rakyatnya. Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan.

         Negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua Eropa terutama kawasan Eropa  Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan lain-lain. Sedangkan yang digolongkan negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin). Tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang sebagai berikut.



1. Pendapatan Perkapita
              Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi.


2. Jumlah Penduduk Miskin

           Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan. Suatu negara dikatakan makmur/sejahtera apabila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit saja. 



3. Tingkat Pengangguran

         Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat pengangguran. Di negara maju umumnya tingkat penganggurannya rendah. Sebaliknya di negara berkembang biasanya tingkat penganggurannya tinggi





4. Angka Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan

          Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Di negara maju umumnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. Hal ini disebabkan penduduk mampu membeli makanan yang bergizi, mampu membeli pelayanan kesehatan dan obatobatan yang memadai.


B.Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

           Negara dapat dikategorikan menjadi negara maju atau berkembang. Dasar pembedanya antara lain adalah pendapatan rata-rata nasional dan penguasaan teknologi. Ciri-ciri negara maju antara lain sebagai berikut: Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual, diekspor, Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern,Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat, Pendapatan rata-rata penduduk tinggi,Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi, Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi,Tidak tergantung pada alam,Tingkat pertumbuhan penduduk rendah,Angka harapan hidup tinggi, Intensitas mobilitas tinggi.

           Ciri-ciri negara berkembang antara lain sebagai berikut: Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga, Pada umumnya aktivitas masyarakat menggunakan sarana dan prasarana tradisional, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban,Pendapatan relatif rendah,Pendidikan penduduknya rata-rata rendah,Sifat penduduk kurang mandiri, Sangat tergantung pada alam.,Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi, Angka harapan hidup rendah, Intensitas mobilitas rendah.





BAB 3
PENUTUP


Kesimpulan
Dari makalah ini banyak beberapa Negara maju dan berkembang yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan ada yang mengalami krisis ekonomi, sosial, dan masih banyak lainnya yang sangat merugikan negara berkembang.

Saran
Dari makalah yang ditulis dapat diambil saran yaitu: harus adanya usaha-usaha pengembangan wilayah Negara berkembang khususnya Negara Indonesia serta adanya rencana yang matang untuk melakukan pengembangan wilayah Negara maju dan Negara berkembang.





DAFTAR PUSTAKA
www. wikipedia .com
















4 komentar:

  1. Ijin sedot cah ayu, mampir ke blog : primajayaboedipunya.blogspot.com

    BalasHapus
  2. kurang lengkap
    mungkin kalau ditambah akan lebih baik

    BalasHapus
  3. kurang lengkap
    mungkin kalau ditambah akan lebih baik

    BalasHapus
  4. Penulisannya sudah cukup baik baik tp ada yang kurang dapat pustaka..

    BalasHapus